Home » , » PREVIEW Euro 2012: Kroasia - Spanyol

PREVIEW Euro 2012: Kroasia - Spanyol

Sama-sama mengoleksi empat poin dari dua laga, kini Vatreni dan La Roja harus saling berhadapan di partai terakhir Grup C.

 UEFA EURO - Spain v Ireland, David Silva and Fernando Torres

  PRAKIRAAN LINE-UP

KROASIA

Pletikosa
Srna, Corluka, Schildenfeld, Strinic
Vukojevic, Rakitic
Mandzukic, Modric, Perisic
Jelavic

SPANYOL

Casillas
Arbeloa, Ramos, Pique, Alba
Busquets, AlonsoSilva, Xavi, Iniesta
Torres


Meski menempati dua slot teratas Grup C jelang bentrokan terakhir di fase penyisihan ini, baik Kroasia maupun Spanyol belum pasti menggenggam tiket menuju putaran perempat-final. Tapi, mereka bisa lolos berbarengan jika partai ini berakhir seri dengan skor minimal 2-2. 

 
Setelah perubahan taktik dari 4-4-2 ke 4-2-3-1 pada babak kedua membuahkan gol penyama kedudukan 1-1 kontra Italia, bos Vatreni, Slaven Bilic, mungkin bakal menerapkan formasi yang disebut terakhir sejak menit pertama untuk menghadapi sang juara bertahan.
Playmaker Luka Modric akan didorong sedikit lebih ke depan dengan Mario Mandzukic mundur menjadi winger kanan, posisi yang bisa diperankannya secara apik selain sebagai striker.
Ujung tombak Nikica Jelavic harus melewatkan sesi latihan pada Sabtu (16/6) akibat demam, namun pemain Everton itu diprediksi bisa sembuh tempat waktu untuk mengisi lini depan tim dalam laga di PGE Arena, Gdansk, ini.
Sementara itu, dengan hasil paten berupa kemenangan telak 4-0 kontra Republik Irlandia, Vicente Del Bosque sebagai peracik strategi Spanyol sepertinya bakal menurunkan starting line-up identik di pertandingan ini.
Yang mungkin jadi perhatian sang entrenador adalah mengingatkan Xabi Alonso, Alvaro Arbeloa, dan Fernando Torres, agar bermain sedikit lebih hati-hati karena mereka bakal terkena suspensi di perempat-final -- dengan catatan Spanyol lolos -- jika terkena kartu kuning dalam laga ini.



  TAHUKAH ANDA?

  • Kroasia dan Spanyol bisa sama-sama memastikan tempat di perempat-final dengan hasil seri 2-2 atau lebih tinggi.
  • Vatreni belum pernah bersua Tim Matador dalam laga kompetitif. Empat duel yang telah tergelar seluruhnya berlabel persahabatan. Rekor Kroasia menghadapi Spanyol adalah menang dan seri sekali, serta dua kalah. Satu-satunya kemenangan buat Kroasia terjadi pada 1994 dengan skor 2-0.
  • Striker Mario Mandzukic amat tajam di Euro 2012. Tiga golnya sejauh ini didapat hanya dari empat tembakan, dan semuanya on target.
  • Kroasia belum pernah takluk di waktu normal plus perpanjangan waktu dalam enam laga terakhir di pentas Euro. Waktu tersingkir pada 2008, mereka kalah adu penalti dari Turki.
  • Spanyol membukukan rekor baru dalam jumlah operan di sebuah partai Piala Eropa dengan total 860 passing kontra Irlandia, mengalahkan catatan sebelumnya di angka 778.
  • Xavi (foto kanan) juga mengukir tinta emas secara individual dalam kompetisi ini dengan melepaskan 136 operan menghadapi The Boys in Green, melampaui rekor sebelumnya milik Ronald Koeman (117 operan) saat memperkuat Belanda versus Denmark di Euro 1992.
  • La Roja cuma kebobolan satu gol dalam enam laga terakhir di ajang besar internasional.
  • Dwigol Fernando Torres ke gawang Irlandia menambah koleksi gol internasionalnya menjadi 30. Kini ia menghuni urutan ketiga dalam daftar topskor sepanjang sejarah untuk Spanyol, di bawah David Villa dan Raul Gonzalez.

 

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Punheteiros Vergonha - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger