Home » , » Team EURO 2012 - Swedia

Team EURO 2012 - Swedia

 

Swedia
  • Asosiasi
    SvFF
  • Julukan
    Blagult
  • Pelatih
  • Kapten
    Zlatan Ibrahimovic
  • Caps
    Thomas Ravelli (143 caps)
  • Sven Rydell (49 gol)
  • Top Skor
  • Prestasi
    -
Jika dibandingkan dengan Spanyol, Jerman, Italia, atau Belanda, Swedia mungkin bukan salah satu kekuatan sepakbola yang terbesar di Eropa. Namun mereka punya potensi untuk tampil sebagia kuda hitam.

Sejak Piala Eropa digelar pertama kali pada tahun 1960, baru pada tahun 1992 Swedia masuk ke putaran final. Itu pun terjadi setelah mereka menyandang status sebagai tuan rumah. Sebelumnya, Swedia tak pernah lolos dari babak kualifikasi.

Di keikutsertaannya yang pertama itu, Swedia mampu melangkah hingga babak semifinal. Itu adalah pencapaian tertinggi Swedia di ajang Piala Eropa. Namun mereka gagal ke final setelah menyerah 2-3 dari Jerman.

Empat tahun kemudian, Swedia kembali gagal masuk ke putaran final. Tapi sejak tahun 2000, mereka tak pernah absen dari turnamen tertinggi antarnegara Eropa ini.

Kegagalan Swedia lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 memebuat Lars Lagerback mengundurkan diri dari kursi pelatih. Erik Hamren kemudian ditunjuk untuk menggantikan Lagerback.

Bersama Hamren, Swedia lolos langsung ke putaran final Piala Eropa 2012 dengan status sebagai runner-up terbaik. Dari 10 laga di babak kualifikasi, Zlatan Ibrahimovic dkk. meraih delapan kemenangan dan dua kali kalah, termasuk kemenangan 3-2 dari Belanda di pertandingan terakhir babak kualifikasi.

Ibrahimovic yang sedang dalam performa terbaik bersama AC Milan masih akan mejadi ujung tombak serangan tim Skandinavia ini. Ia juga akan didukung pemain lain seperti Andrean Isaksson (PSV), Olof Mellberg (Olympiakos), Sebastian Larsson (Sunderland), Kim Kallstrom (Lyon).

Melihat performanya yang cukup bagus selama babak kualifikasi, bukan tidak mungkin Swedia akan muncul sebagai kuda hitam. Di putaran final nanti, Swedia tergabung di Grup D bersama tuan rumah Ukraina, Prancis, dan Inggris.




Semoga bermanfaat

Sumber : http://sport.detik.com/
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Punheteiros Vergonha - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger